Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing

Main Article Content

Muh Hambali Mohammad Luthfi

Abstract

 Absrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis pengembangan guru untuk menghadapi persaingan global di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Blitar Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan peningkatan kompetensi guru melalui analisis kebutuhan, analisis kemampuan pendidik, (2) Evaluasi diri sekolah (EDS) tingkat departemen, dan, (3) penetapan program dan jadwal peningkatan kompetensi guru di tingkat pusat / sekolah. Pengembangkan kompetensi guru dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat), On the job training, dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai forum untuk berbagi pengetahuan dan informasi baru yang berhubungan dengan profesi guru.


 


Kata Kunci: Perencanan strategis,  pengembangan kompetensi guru,  sekolah kejuruan


 Abstract. This study aims to find out the strategic planning of teacher development to face global competition at Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Public vocational secondary schools) (SMKN 1) Blitar Indonesia. This study used a qualitative approach with the type of case study method. The results of this study indicate that: (1) planning of teacher competence development undertaken through needs analysis and analysis of educator ability, (2) self-evaluation of school at  Department level, and (3) stipulation of program and schedule for teacher competency development at central / school level. Developing teacher competence held through education and training program,  On the job training,  and Subject Teacher Consultant  as a forum to share knowlodge and new information dealing with their profession Keywords: Strategic planning, teacher development, vocational school

Article Details

How to Cite
HAMBALI, Muh; LUTHFI, Mohammad. Manajemen Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Daya Saing. Journal of Management in Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 10 - 19, nov. 2017. ISSN 2541-2140. Available at: <http://jmie.iainjambi.ac.id/index.php?journal=jmie&page=article&op=view&path%5B%5D=22>. Date accessed: 18 jan. 2018.
Section
Articles